Notification texts go here Contact Us Subsribe my Channel!
Loading...

Cara Memasang CCS, Html dan Javascript Di Code Template Blog

membahas wedget, maupun di web Code Pen dan Di Gidhub. Kode-kode widget, navigasi menu, dan sejenisnya di sana hanya berupa Kode CSS, HTM, dan Javascr
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
cara-memasang-code-scrip-di-template-blogger

panduan untuk pemula dalam memasang kode-kode untuk membangun template Blogger dan penambahan wedget, dengan format CSS, HTML, dan Javascript.

JavaScript biasa disingkat dengan JS

adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. KodeJavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.

Kepajangan CSS

singkatan dari Cascading Style Sheets. CSS adalah sebuah dokumen yang digunakan untuk mendesain atau mengatur tampilan tata letak sebuah halaman web/blog kita.

Kepanjangan HTML

singkatan dari HyperText Markup Language. HTML adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Kita bisa belajar tentang CSS, HTML, dan Javascript ini di W3C School biar tidak terlalu awam soal kode-kode yang membangun blog kita.

Letak / Posisi Kode dalam Template

  1. Code CCS Dalam template blog kita, kode CSS ada di antara kode <b:skin> dan </b:skin>dan atau antara kode <style> dan </style>.  
  2. Code HTML Kodenya biasanya diawali dengan titik ( . ) yang diterjemahkan HTML sebagai class (div=class) dan tanda pagar ( # ) untuk id (div=id).
  3. Kode HTML ada di hampir seluruh bagian template, terutama di antara kode <body> dan </body>.
  4. Javascript Sedangkan kode Javascript ada di antara kode <head> dan </head> serta <body> dan </body>. Biasanya ditempatkan di atas </head> atau </body>.

Cara ini sangat diperlukan terutama jika kita mengambil kode di blog membahas wedget, maupun di web Code Pen dan Di Gidhub. Kode-kode widget, navigasi menu, dan sejenisnya di sana hanya berupa Kode CSS, HTM, dan Javascript tanpa ada panduan penerapannya.

Berikut Cara Memasang Kode CSS, HTM, dan Javascript

  1. Kode CSS Kode CSS dipasang di atas kode ]]></b:skin> dalam template blog. Bisa juga dipasang di atas kode </head> dengan diapit kode <style> dan </style>.  
  2. Kode HTML Kode HTML dipasang di posisi di mana widget akan dimunculkan. Misalnya, jika akan dimunculkan atau dipasang di bagian paling atas halaman blog, di atas header, maka tempatkan kode HTML di bawah kode <body>
  3. Kode JavaScript Kode Javascript biasanya dipasang di atas kode </head> atau kode </body>.

Jika terjadi error, maka tambahkan kode, seperti ini:

<script type="text/javascript" >
//<![CDATA[
<!--KODE JAVASCRIPT DI SINI -->
//]]></script>

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.